Resmi Jadi Tersangka! Pimpinan Khilafatul Muslimin Terancam 20 Tahun Kurungan Penjara


Pimpinan Khilafatul Muslimin-PMJ News / Istimewa-PMJ News

INFO MOJOKERTO – Pimpinan dari Khilafatul Muslimin, Abdul Qodir Baraja saat ini resmi ditetapkan sebagai Tersangka dari beberapa kasus.

Kasus tersebut meliputi konvoi ormas, hoax atau penyebaran berita bohong, dan menawarkan khilafah yang dapat mengganti ideologi negara.

Dilansir dari PMJ News, Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Endra Zulpan menjelaskan Abdul Qodir dapat terancam hukuman sebanyak 20 tahun penjara akibat kasusnya tersebut.

"Adapun pasal 59 ayat 4 juncto Pasal 82 ayat 2 UU RI Nomor 16 Tahun 2017 tentang Ormas," ucap Zulpan dalam konferensi pers di Polda Metro Jaya, Selasa (7/6).

Zulpan juga mebeberkan secara detail pasal-pasal yang bisa menjerat Abdul Qodir.

(BACA JUGA:Nekat Cabuli Anak di Bawah Umur, Pemuda di Lebak Terancam 15 Tahun Penjara)

"Kemudian Pasal 14 ayat 1 dan ayat 2 dan atau Pasal 15 UU Nomor 1 Tahun 1946 tentang Peraturan Hukum Pidana dimana ancaman yang dikenakan minimal 5 tahun dan maksimal 20 tahun penjara," ungkap Zulpan.

Kegiatan dari Khilafatul Muslimin sendiri tidak pernah terpisah dari provokasi terhadap pengikutnya serta penyebaran hoax.

"Kemudian kelompok ini menawarkan khilafah sebagai pengganti ideologi negara yang tentunya bertentangan dengan UUD 1945 dan Pancasila. Semuanya terdapat dalam website dan buletin bulanan," terang Zulpan.

Sebelumnya telah diberitakan jika pimpinan tertinggi kelompok Khilafatul Muslimin, Abdul Qadir Baraja ditetapkan sebagai tersangka. 

Dimana diketahui, Abdul Qadir telah diamankan di Lampung pada Selasa, 7 Juni 2022 pagi tadi.

"Untuk penangkapan KM (Khilafatul Muslimin) ya untuk tersangka sudah ditetapkan atas nama inisial AB (Abdul Qadir Baraja," ucap Kadiv Humas Polri, Irjen Pol Dedi Prasetyo kepada wartawan, Selasa (7/6). (IM)

`
Kategori : Nasional