Bikin Heboh! Wacana Kenaikan Harga Naik ke Candi Borubur Ditunda Setahun yang Akan Datang


Candi [email protected] @borobudurpark

INFO MOJOKERTO – Pemerintah Indonesia merencanakan menaikkan harga tiket untuk masuk ke Borobudur sebesar Rp 750 ribu.

Akan tetapi wacana tersebut sampai saat ini belum di tetapkan dan menjadi polemik serta pembahasan yang kental dimasyarakat.

Dilansir dari PMJ News, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves), Luhut Binsar Pandjaitam mengungkapkan perubahan harga tersebut akan ditunda selama setahun mendatang.

"Jadi soal tiket itu, saya kira kita hold (tunda) aja dulu. Kita lihat lagi nanti gimana baiknya," ucap Menko Luhut Binsar Pandjaitan di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (9/6).

Dalam waktu dekat ini Luhut belum bisa memberikan keputusan untuk perubahan tiket masuk ke Candi Borobudur.

(BACA JUGA:Potensi Hujan Lebat! Simak Prakiraan Cuaca 3 Harian BMKG di Wilayah Jawa Timur, Cek di Sini)

"Ya kita lihat nanti, kita dengarkan lagi pendapat masyarakat. Tapi itu sudah kita bandingkan dengan seluruh dunia, ya harganya kira-kira segitu," tutur Luhut.

Proses dari evaluasi dari Borobudur sendiri akan berlangsung selama satu tahun, baru kemudian dapat diputuskan terkait harga naik ke Candi Borobudur.

"Setahun lagi. Pokoknya studinya itu Pak Odo (Deputi Bidang Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Kemenko Marves Odo RM Manuhutu) yang paten yang tanggungjawab, saya yang buat keputusan," terang Luhut.

Diberitakan sebelumnya dalam postingan Instagram pribadi Luhud mengenai pembatasan pengunjung serta kenaikan Harga Tiket Candi Borobudur.

Hal tersebut berkaitan dengan alasan untuk menjaga kelestarian kekayaan sejarah dan budaya nusantara.

Direncanakan kuota pengunjung sebanyak 1.200 orang per hari dengan biaya sebesar Rp 750 ribu untuk wisatawan lokal, USD 100 untuk turis asing dan Rp 5.000 khusus untuk pelajar. (IM)

`
Kategori : Nasional