5 Makanan Oleh-oleh Khas Mojokerto yang Nikmat dan Bikin Ketagihan


onde-onde keju-youtube @Chalista Kitchen-tangkapan layar youtube @Chalista Kitchen

INFO Mojokerto - Berikut ini merupakan makanan oleh-oleh khas dari daerah Mojokerto Jawa Timur yang wajib untuk Anda coba.

Mojokerto terkenal dengan wisata sejarah yang bernilai tinggi selain itu juga terdapat tempat wisata alam pegunungan hingga wisata kuliner yang wajib Anda kunjungi.

Tak lengkap rasanya jika Anda berkunjung ke suatu tempat tanpa menikmati kuliner khas daerah tersebut yang dinilai nikmat dan bikin Anda ketagihan. 

Tentunya wilayah Mojokerto ini sendiri  juga memiliki oleh-oleh makanan yang khas dan menarik untuk Anda bawa pulang.

Selain enak dan nikmat tentunya harga kuliner yang ditawarkan di Mojokerto ini dijamin relatif terjangkau dan ramah di kantong Anda.

(BACA JUGA:Wajib Dicoba! Rekomendasi 5 Tempat Makan di Mojokerto yang Menggugah Selera)

Anda masih bingung mencari oleh-oleh makanan apa? Yuk ikuti 5 rekomendasi makanan yang bisa Anda bawa pulang sebagai oleh- oleh dari Mojokerto ini.

Berikut 5 Rekomendasi Oleh-oleh khas Mojokerto yang wajib Anda beli.

1. Onde –Onde

Makanan Khas Mojokerto yang paling terkenal adalah Onde – onde, dimana camilan ini terbuat dari tepung ketan dan isian kacang hijau atau kacang tanah yang dihaluskan yang kemudian dibaluri dengan biji wijen dan digoreng.

Jika Anda memakan onde-onde ini dalam keadaaan yang masih hangat tentunya Anda akan merasakan  lumer di mulut dan bikin ketagihan. 

Onde- onde juga disebut sebagai makanan khas Mojokerto, makanan ringan ini sering dibawa sebagai oleh-oleh saat Anda berkunjung ke kota yang tidak jauh dari Surabaya ini.

2. Botok Tempe

Makanan khas Mojokerto berikutnya yaitu makanan berat yang tidak kalah enaknya, dan dijamin bikin nagih.

Botok tempe ini merupakan salah satu makanan tradisional khas Mojokerto yang terbuat dari ampas kelapa yang diambil sarinya dan juga tempe.

Ampas Kelapa dan tempe tersebut kemudian dicampur menjadi satu dengan bumbu khusus dan dicampur dengan tahu, teri dan udang yang kemudian dibungkus oleh daun pisang dan dikukus.

(BACA JUGA:Rekomendasi 5 Tempat Sarapan di Mojokerto yang Dijamin Enak dan Murah)

Biasanya jika Anda ingin memakan tempe botok ini biasanya disajikan dengan nasi jagung, yang menambah keunikan dan kelezatan masakan ini.

3. Bubur Srunthul

Makanan khas Mojokerto yang wajib kamu Anda cicipi pertama adalah bubur srunthul Bu Saudah, dimana bubur srunthul ini terbuat dari tepung sagu yang kemudian diolah dengan berbentuk bulat-bulat dan dinamakan sebagai srunthul. 

Srunthul ini sendiri memiliki tekstur yang lembut dengan rasa yang manis, legit, dan kenyal. Tentunya di Mojokerto sendiri , nama bubur Srunthul Bu Saudah ini merupakan salah satu makanan pencuci mulut yang paling terkenal dengan kenikmatannya. 

Sehingga sangat disayangkan untuk dilewatkan jika Anda sedang berkunjung ke wilayah Mojokerto, Jawa Timur ini.

`
Kategori : Mojokerto Update