Kisah Nabi Ilyasa AS : Pemimpin Bani Israil yang Meneruskan Dakwah Nabi Ilyas AS


Ilustrasi kekeringan-Pixabay.com/_Marion-Pixabay.com/_Marion

INFO MOJOKERTO – Inilah Kisah-nabi" >Kisah Nabi Ilyasa AS yang menjadi penerus dakwah nabi Ilyas AS. Kisah-nabi" >Kisah Nabi Ilyasa AS menjadi salah satu Kisah-nabi" >Kisah Nabi yang perlu diketahui.

Kisah Nabi Ilyasa AS berkaitan dengan nabi Ilyas AS karena nabi Ilyasa AS yang meneruskan perjalanan dakwan nabi Ilyas AS. 

Nabi Ilyasa AS diutus Allah untuk menyebarkan perintah Allah SWT dan memimpin Bani Israil yang masih menyembah berhala. Nabi Ilyasa AS merupakan putra dari kaum Bani Israil atau keturunan dari Yusuf bin Yakub bin Ishakbin Ibrahim Alkalyr. Kemudian, nabi Ilyasa AS diangkat anak oleh nabi Ilyas AS. 

Diangkatnya nabi Ilyasa AS sebagai anak angkat nabi Ilyas AS bermula ketika nabi Ilyas AS masih mudah menyembuhkan penyakit nabi Ilyasa AS.

(BACA JUGA:Kisah Nabi Zulkifli AS : Pemimpin yang Luar Biasa Sabar )

Berkat pertolongan nabi Ilyas AS, penyakit serius yang diderita nabi Ilyasa AS selama bertahun-tahun sembuh. Akhirnya, nabi Ilyasa AS diangkat sebagai anak nabi Ilyas AS yang tengah melaksanakan maharnya terhadap Bani Israil.

Usai wafatnya nabi Ilyas AS, Nabi Ilyasa AS meneruskan perjalanan dakwah nabi Ilyas AS.

Awal perjalanan dakwah nabi Ilyasa AS cukup berat karena penduduk Bani Israil kembali melakukan maksiat dan tidak taat pada Allah SWT. Meski nabi Ilyasa AS telah mengingatkan dan mengajak umatnya kembali beribadah kepada Allah SWT namun mereka tetap melakukan tindakan buruk.

Tak pantang menyerah, nabi Ilyasa AS tetap mengajak umatnya beribadah pada Allah hingga akhirnya upaya nabi Ilyasa AS berhasil.

Setelah wafatnya nabi Ilyas AS, kaum Bani Israil tidak pernah Kekeringan karena memiliki sumber daya alam yang melimpah menjadikan kaum Bani Israil kembali menyimpang dari ajaran Allah SWT. Kaum Bani Israil mulai menyembah berhala di tanah Balabak.

(BACA JUGA:Kisah Nabi Daud AS : Sang Pemberani dan Penerima Kitab Zabur)

Melihat kaum Bani Israil kembali melakukan tindakan buruk, Nabi Ilyasa AS dengan sabar  mengajak kembali kaum Bani Israil ke jalan Allah SWT dengan melakukan ibadah kepada Allah SWT dan berhenti menyembah berhala. 

Namun sayangnya nabi Ilyasa AS malah mendapat hinaan dari kaum Bani Israil. Dari peristiwa tersebut, Nabi Ilyasa AS meminta petunjuk pada Allah SWT untuk menghadapi kaum Bani Israil. Tak butuh waktu lama, Allah SWT memberikan ujian kekeringan untuk penduduk Balabak.

Tak jera, penduduk Balabak tetap melakukan perbuatannya dan membuat bencana kekeringan melanda secara terus-menerus hingga menyebabkan penduduk melarasa haus dan lapar

Semakin lama semakin parah bencana kekeringan penduduk Balabak hingga membuat sakit. Tak sedikit penduduk yang tidak sanggup menahan sakit berakhir mati satu per satu. 

(BACA JUGA:Rekomendasi 15 Nama Kucing Betina Lengkap dengan Artinya, Lucu dan Mudah Diingat)

Hingga akhirnya daerah Balabak hancur karena dilanda kekeringan dan yang tersisa hanya nabi Ilyasa AS beserta pengikut setianya. Daerah Balabak yang hancur menyebabkan nabi Ilyasa AS dan pengikutnya meninggalkan daerah Balabak.

IM

`
Kategori : Oase