4 Doa Nabi Muhammad SAW, yang dapat Dipanjatkan dalam Kehidupan Sehari-hari


Ilustrasi doa nabi Muhammad SAW yang ada dalam Al-Quran-Pexels-Pixabay

INFO MOJOKERTO - Nabi Muhammad SAW merupakan seorang yang mulia, meskipun begitu beliau tetap berdoa kepada Allah SWT. Inilah 4 Doa Nabi Muhammad SAW yang dapat dibaca dalam kehidupan sehari-hari.

Seperti yang diketahui jika nabi Muhammad SAW adalah nabi dan rasul yang terakhir. Nabi Muhammad SAW diutus sebagi penyempurna agama Islam.

Umat muslim selalu dianjurkan untuk memohon dan memanjatkan doa kepada Allah SWT. Di mana doa menjadi unsur penting dalam beribadah untuk kebaikan di dunia maupun akhirat.

Nabi Muhammad SAW pun tidak pernah luput untuk berdoa kepada Allah SWT walaupun Rasulullah adalah orang terpilih yang terpelihara dari dosa. Keutamaan membaca doa nabi Muhammad SAW ialah doa yang ijabah.

Melalui doa-doa nabi Muhammad SAW ini, semoga menjadikan doa yang dipanjatkan akan dikabulkan oleh Allah SWT.

(BACA JUGA:5 Amalan Hari Jumat yang Wajib Dilakukan untuk Menambah Pahala Bagi Umat Muslim)

Manusia hanya dapat berdoa dan berikhtiar dalam menjalankan sesuatu, Allah SWT lah yang mempunyai hak untuk mengabulkan atas doa dan harapan umat-Nya.

Adapun 4 doa nabi Muhammad SAW yang dapat dipanjatkan ketika menjalani kehidupan sehari-hari sebagai berikut.

1. Doa kebaikan dunia akhirat

Doa mendapatkan kebaikan dunia dan akhirat ini dalam sebuah riwayat merupakan doa yang sering dipanjatkan oleh nabi Muhammad SAW.

Adapun doa untuk memohon kebaikan dunia dan akhirat sebagai berikut:

(BACA JUGA:Kumpulan Doa Nabi Nuh: Arab, Latin beserta Maknanya)

رَبَّنَا آتِنَا فِي الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِي الْآخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ

Rabbana atina fiddunya hasah wa fil akhiroti hasanag waqina ‘adzabannar

Artinya: “Ya Allah, berikanlah kepada kami kebaikan di dunia, berikan pula kebaikan di akhirat dan lindungilah kami dari siksa neraka,” (Q.S. Al-Baqarah: 201).

2. Doa memohon jodoh

عَنْ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ يَزِيدَ الْخَطْمِيِّ الأَنْصَارِيِّ، عَنْ رَسُولِ اللَّهِ

 صلى الله عليه وسلم أَنَّهُ كَانَ يَقُولُ فِي دُعَائِهِ " اللَّهُمَّ ارْزُقْنِي حُبَّكَ وَحُبَّ مَنْ يَنْفَعُنِي حُبُّهُ عِنْدَكَ اللَّهُمَّ مَا رَزَقْتَنِي مِمَّا أُحِبُّ فَاجْعَلْهُ قُوَّةً لِي فِيمَا تُحِبُّ اللَّهُمَّ وَمَا زَوَيْتَ عَنِّي مِمَّا أُحِبُّ فَاجْعَلْهُ لِي فَرَاغًا فِيمَا تُحِبُّ

(BACA JUGA:Hajat Dapat Terkabul! Inilah Doa Nabi Yunus Lengkap dengan Manfaat dan Anjuran Waktu Mengamalkannya)

“Dari Raasulullah SAW bahwa beliau mengucapkan, ‘Ya Allah, riskikanlah kepadaku kecintaan-Mu, dan kecintaan orang yang memberiku manfaat kecintaannya di sisi-Mu. Ya Allah, apa yang Engkau rizikikan kepadaku di antara yang aku cintai maka jadikanlah kekuatan untuukku melakukan apa yang Engkau cintai. Ya Allah, dan apa yang Engkau jauhkan dariku di antara apa yang aku cintai maka jadikanlah kesempatan bagiku untuk melakukan apa yang engkau cintai’,” (H.R. Tirmidzi).

3. Doa Ketenangan Hati Dan Pikiran

اَللَّهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ نَفْسًا بِكَ مُطْمَئِنَّةً، تُؤْمِنُ بِلِقَائِكَ، وَتَرْضَى بِقَضَائِكَ، وَتَقْنَعُ بِعَطَائِك

Allahumma inni as-aluka nafsan bika muthma-innah, tu’minu biliqo-ika wa tardho bi qodho-ika wataqna’u bi’ atho-ika

Artinya: “Ya Allah, aku memohon kepada-Mu jiwa yang merasa tenang kepada-Mu, yang yakin akan bertemu dengan-Mu, yang rida dengan ketetapan-Mu, dan yang merasa cukup dengan pemberiaan-Mu”.

(BACA JUGA:Kisah Nabi Ishaq AS: Putra Saleh Nabi Ibrahim AS yang Didapat di Usia Senja)

4. Doa Kesehatan

Setiap manusia pastinya menginginkan kondisi yang sehat, baik jasmani maupun rohani. Oleh karena itu, umat muslim dapat memohon kepada Allah SWT untuk memberikan kesehatan.

Adapun doa yang dipanjatkan oleh nabi Muhammad SAW untuk diberikan kesehatan sebagaima berikut:

اللَّهُمَّ عَافِنِى فِى بَدَنِى اللَّهُمَّ عَافِنِى فِى سَمْعِى اللَّهُمَّ عَافِنِى فِى بَصَرِى لاَ إِلَهَ إِلاَّ أَنْتَ

Allahhumma ‘afini fi badani, allahumma ‘afini fi sam’I, allahumma ‘afini fi bashori la ilaha illa anta

“Ya Allah, sehatkanlah badanku, Ya Allah sehatkanlah pendengaranku, Ya Allah, sehatkanlah pengelihatanku. Tiada Tuhan selain Engkau”

(IM)

`
Kategori : Oase