Kumpulan Doa Nabi Zakariya saat Meminta Keturunan : Arab, Latin, dan Artinya


Ilustrasi berdoa-Ali Arapoglu-Pexels

INFO MOJOKERTO - Nabi Zakaria terkenal dengan doa memohon keturunan yang dikabulkan oleh Allah.

Nabi Zakariya Alaihisalam lahir pada tahun 91 sebelum masehi, setelah diangkat menjadi nabi, nabi Zakaria Alaihissalam menyuruh Bani Israil untuk bertobat dan menyembah Allah.

Nabi Zakaria Alaihissalam berdakwah dengan sabar beliau dihormati Bani Israil karena Alim dan bijaksana.

Pada suatu hari datanglah istri Imran yang menitipkan anak perempuannya bernama Maryam kepada Nabi Zakaria Alaihissalam, Nabi Zakaria Alaihissalam dan istrinya dengan senang hati menerima dan membesarkan Maryam dengan penuh kasih sayang.

Nabi Zakaria Alaihissalam tidak memiliki anak karena istrinya mandul, beliau menganggap Maryam sebagai anaknya sendiri.

(BACA JUGA:Kumpulan Doa Nabi Nuh: Arab, Latin beserta Maknanya)

Nabi Zakaria Alaihissalam membuatkan kamar khusus beribadah untuk Maryam di Baitul Maqdis, yang saat ini Masjidil Aqsha.

Kamar khusus untuk beribadah itu dikenal dengan Mihrab dan Nabi Zakaria Alaihissalam merupakan orang pertama yang membuat mihrab.

Nabi Zakaria Alaihissalam sangat senang dengan kehadiran Maryam, namun di penghujung dakwahnya nabi Zakaria yang sudah renta mulai khawatir beliau takut tak ada yang bisa meluruskan ajaran Islam.

Akan tetapi Nabi Zakaria Alaihissalam tak berpasrah diri beliau terus berdoa kepada Allah Subhanahu wa ta'ala dengan kelembutan untuk diberikan keturunan.

Doa siang dan malam Nabi Zakaria dan istrinya tak pernah berhenti, justru semakin giat beribadah meskipun  banyak Bani Israil yang mengejek ibadah Nabi Zakaria Alaihissalam dan tak percaya doanya dikabulkan oleh Allah.

Hingga suatu hari malaikat datang Memanggil Nabi Zakaria Alaihissalam yang sedang shalat.

 “Wahai Zakaria kami memberi kabar gembira kepadamu dengan seorang anak laki-laki Namanya Yahya yang kami belum pernah memberikan nama seperti itu sebelumnya,” firman Allah Subhanahu Wa Ta'ala dalam surat Maryam ayat 7.

Mendengar kabar itu Nabi Zakaria Alaihissalam terkejut dan tak percaya.doa 

Nabi Zakaria lalu mengucap syukur kepada Allah subhanahuwata'ala Karena doanya yang dikabulkan Allah.

Yahya menjadi satu-satunya anak Nabi zakariya yang juga diangkat Allah menjadi seorang Nabi.

Nabi Zakaria dan Nabi Yahya Alaihissalam berdakwah bersama menyuruh Bani Israil mengikuti ajaran Allah subhanahuwata'ala.

Ada banyak hikmah dan pelajaran yang bisa dipetik dari kisah Nabi Zakari, pertama jangan pernah berhenti berdoa sampai Allah mengabulkannya. Kedua mengajarkan cara berdoa yang penuh kelembutan. Nabi Zakaria juga merupakan seorang yang mampu menjaga amalan saat dititipkan Maryam yang tak memiliki ayah. 

Doa Memohon Keturunan Nabi Zakariya:

(BACA JUGA:Inilah 6 Doa Sholawat Nabi Lengkap dengan Arti dan Manfaatnya, Permohonan Dikabulkan oleh Allah)

1. Doa Nabi Zakaria Minta Pewaris yang Baik

رَبِّ لَا تَذَرْنِيْ فَرْدًا وَّاَنْتَ خَيْرُ الْوٰرِثِيْنَ

Latin: "Rabbi laa tadzarnii fardan wa anta khairul waaritisiin.”

Artinya: “Ya Tuhanku janganlah Engkau membiarkan aku hidup seorang diri dan Engkaulah Waris yang paling baik.” (QS Al-Anbiya’: 89)

Doa ini diucapkan oleh Nabi Zakaria saat berharap agar Allah SWT lekas memberinya anak, sehingga tidak membiarkan Ia hidup tanpa keturunan, dan tak ada yang meneruskan dakwahnya.

2. Doa Nabi Zakaria Minta Diberikan Seorang Putra

 رَبِّ إِنِّي وَهَنَ الْعَظْمُ مِنِّي وَاشْتَعَلَ الرَّأْسُ شَيْبًا وَلَمْ أَكُنْ بِدُعَائِكَ رَبِّ شَقِيًّا (4) وَإِنِّي خِفْتُ الْمَوَالِيَ مِنْ وَرَائِي وَكَانَتِ امْرَأَتِي عَاقِرًا فَهَبْ لِي مِنْ لَدُنْكَ وَلِيًّا (5) يَرِثُنِي وَيَرِثُ مِنْ آلِ يَعْقُوبَ وَاجْعَلْهُ رَبِّ رَضِيًّا (6) } .

Latin: “Rabbi innii wahanal'adhmu minnii wasyta'ala ra su syaiban wa lam akum bidu'aaa'ika Rabbi syaqiyyaa. Wa innii khiftul mawaa liya min waraaa'ii wa kaanatim ra atii 'aaqiran fahab lii mil ladunka waliyyaa. Yaritsunii wa yaritsu min aali ya'quuba waj'alhu rabbi radhiyya.

Artinya: Ya Tuhanku, sesungguhnya tulangku telah lemah dan kepalaku telah dipenuhi uban, dan aku belum pernah kecewa dalam berdoa kepada Engkau, ya Tuhanku. Dan sesungguhnya aku khawatir terhadap mawaliku sepeninggalku, sedangkan istriku adalah seorang yang mandul, maka anugerahilah aku dari sisi Engkau seorang putra, yang akan mewarisi aku dan mewarisi sebagian keluarga Ya’qub; dan jadikanlah ia, ya Tuhanku, seorang yang diridai.” (QS Maryam: 4-6).

3. Doa Nabi Zakariya Meminta Anak Saleh

رَبِّ هَبْ لِيْ مِنْ لَّدُنْكَ ذُرِّيَّةً طَيِّبَةًۚ اِنَّكَ سَمِيْعُ الدُّعَاۤءِ

Latin: Rabbi hablii min ladunka dzurriyyatan thayyibatan innaka samii'ud du'aaa

Artinya:  "Ya Tuhanku, berilah aku dari sisi Engkau seorang anak yang baik. Sesungguhnya Engkau Maha Pendengar doa." (QS. Ali Imran: 38)

Saat itu Nabi Zakaria melihat bahwa Allah Swt.  Memberi Maryam rezeki berupa buah-buahan ketika musim dingin,serta pada musim panas dan buah-buahan musim panas.

Ketika musim dingin,  saat itulah Ia menginginkan seorang buah hati, meskipun usianya telah lanjut dan tulang-tulang tubuhnya telah rapuh, uban telah menyatu dengan semua rambut kepalanya, istrinya pun sudah berusia lanjut, dan mandul.

Meskipun demikian Nabi Zakaria tetap memohon kepada Allah SWT dan bermunajat kepadaNya dengan doa-doa yang dibacanya secara lembut. (IM)

`
Kategori : Oase