5 Contoh Deskripsi Diri yang Singkat dan Profesional, Buat CV Semakin Menarik


Ilustrasi Contoh Deskripsi Diri dalam CV-olilynch-Pixabay

INFO MOJOKERTO - Ketika hendak melamar suatu pekerjaan Curriculum Vitae (CV) pastinya menjadi salah satu dokumen yang perlu disiapkan. Berikut 5 Contoh Deskripsi Diri yang singkat dan professional agar CV menarik.

CV atau Resume sendiri merupakan dokumen yang menjelaskan secara ringkas, padat, jelas terkait diri Anda. Baik dalam hal pencapaian yang telah dikerjakan di masa lalu hingga pengalaman Anda.

CV sebagai Profil Diri juga dituliskan mengenai, riwayat Pendidikan, keterampilan yang dimiliki, dan tujuan dalam berkarir.

Selain itu, di dalam CV juga terdapat bagian deskripsi diri yang perlu Anda isikan. Di mana pada bagian tersebut diminta untuk menjelaskan atau mendeskripsikan diri Anda.

Bagian deskripsi diri menjadi salah satu hal yang perlu diperhatikan ketika mengisi CV untuk melamar suatu pekerjaan.

(BACA JUGA:Contoh Kata Sapaan dalam Bahasa Indonesia, Lengkap dengan Pengertian dan Jenisnya)

Deskripsi diri ini biasanya yang menjadi perhatian dari HRD atau penyedia pekerjaan.

Biasanya HRD atau penyedia pekerjaan akan melihat dan menilai calon pelamar apakah sesuai dengan lowongan pekerjaan yang sedang dibutuhkan dari deskripsi diri.

Oleh karena itu, Anda perlu memperhatikan dalam mengisi deskripsi diri agar menarik perhatian HRD atau penyedia pekerjaan.

Dalam deskripsi diri ini harus ditulis secara singkat mengenai pengalaman dan kelebihan yang Anda miliki.

Terlebih lagi, akan lebih baik apabila pengalaman dan kelebihan diri Anda sesuai dengan jabatan yang sedang dibutuhkan oleh penyedia pekerjaan.

(BACA JUGA:Pelajar Wajib Tahu! 7 Nama-nama Sudut dalam Pelajaran Matematika )

Oleh karena itu, Anda dapat menyimak contoh penulisan deskripsi diri dalam CV yang singkat dan terkesan professional agar mampu menarik HRD atau penyedia pekerjaan.

Merangkum dari berbagai sumber, adapun berikut 5 contoh deskripsi diri yang singkat dan professional dalam CV.

1. Deskripsi diri bagi fresh graduate

“Lulusan S1 dengan spesialisadi di pemasaran digital. Memiliki pengalaman dalam mengembangkan dan mengimplementasikan kampanye pemasran digital melalui kesempatan magang di perusahaan multinasional. Mencari peluang kerja yang memberi kesempatan untuk semakin berkembang.”

(BACA JUGA:Daftar Nama-nama Suku di Indonesia serta Asal Daerahnya)

“Lulusan S2 Ilmu Komputer dengan pengalaman magang di salah satu fintech terbaik di Indonesia. Memiliki beberapa proyek perancangan perangkat lunak bersama rekan-rekan di kampus untuk bisnis pengiriman uang dan penerima. Saya sendiri merupakan seseorang yang dapat diandalkan, suka bekerja sama dengan tim dan selalu tepat waktu, serta dapat menghasilkan berbagai inovasi menarik.”

2. Deskripsi diri bagi lulusan SMA

“Lulusan SMA Negeri 1 Jakarta, memiliki minat berkarier di bidang akuntasi. Berpengalaman membuat pembukuan dan laporan keuangan pada proyek festival tahunan sekolah, mencari pekerjaan di bidang akuntasi dan manajemen.”

3. Deskripsi diri untuk magang

(BACA JUGA:Wajib Tahu! Inilah Nama-nama Bulan dalam Bahasa Inggris, Lengkap dengan Asal-usulnya)

“Mahasiswa tingkat akhir di Universitas Ternama yang energetic dan bisnis. Aktif dalam organisasi kampus dan sering menjadi tutor bagi mahasiswa baru FEB UT. Memiliki ketertarikan di bidang akuntansi dan investasi saham. Andal menjalankan software akuntansi. Mahir pemecahan masalah dan berpikir kritis. Saat ini mencari pengalaman magang, khususnya di bidang keuangan untuk membuka pinti karier di sektor akuntasi.”

4. Deskripsi diri pengalaman kerja

“Memiliki pengalaman kerja sebagai customer service specialist selama lebih dari 2,5 tahun. Problem solver yang super kratif dengan kemampuan ahli interpersonal yang tinggi. Dapat membangun program retensi kepada pelanggan baru untuk meningkatkan loyalitas pelanggan hingga 50%. Melakukan pencarian customer service supervisor agar melanjutkan pertumbuhan karier ke pihak manajemen.”

(BACA JUGA:10 Kampus Terbaik di Jakarta, Calon Mahasiswa Baru Wajib Tahu !)

5. Deskripsi diri untuk CV bahasa Inggris

“I am a final-year Linguistic student looking for opportunities in content writer and copywriter roles. I have an Instagram blog with 10.000 followers with a technology niche.”

Itulah contoh deskripsi diri secara singkat untuk membuat CV semakin menarik perhatian HRD atau penyedia pekerjaan. Semoga membantu dan sukses.

(IM)

`
Kategori : Nasional