Cara Membuat Kop Surat di Microsoft Word, Mudah dan Cepat yang Cocok untuk Pemula


Ilustrasi Membuat Kop Surat dengan Microsoft Word-Dok. Istimewa Info Mojokerto-

INFO MOJOKERTO - Begini cara membuat Kop Surat yang mudah dan cepat di Microsoft Word pastinya cocok untuk pemula.

Ketika hendak membuat surat utamanya Surat Resmi dari atau untuk suatu instansi pastinya akan memerlukan kop surat.

Kop surat sendiri merupakan bagian dari surat yang terletak di bagian atas dengan memuat informasi mengenai nama, alamat, dan nomor kantor dari suatu Lembaga atau instansi baik swasta, pemerintah, atau badan usaha, dan sebagainya.

(BACA JUGA:5 Contoh Deskripsi Diri yang Singkat dan Profesional, Buat CV Semakin Menarik)

Kop surat ini menjadi salah satu penunjuk apakah surat yang dikeluarkan bersifat resmi atau tidak. Oleh karena itu, ketika hendak membuat surat resmi pastinya dibutuhkan kop surat.

Pada saat ini zaman sudah mulai berkembang dengan teknologi yang semakin canggih, sehingga untuk membuat kop surat juga semakin mudah dan cepat.

Salah Cara Membuat Kop Surat ialah dengan menggunakan Microsoft Word. Di mana untuk membuat kop surat dengan Microsoft Word dapat dilakukan dengan menggunakan beberapa fitur saja.

(BACA JUGA:Pelajar Wajib Tahu! 7 Nama-nama Sudut dalam Pelajaran Matematika )

Fitur pada Microsoft Word yang dapat digunakan untuk membuat kop surat adalah Header dan Footer.

Cara membuat kop surat ini dapat dilakukan dengan menggunakan berbagai versi dari Microsoft Word.

Sebelum memasuki penjelasan mengenai cara membuat surat menggunakan Microsoft Word, akan lebih baik jika mengetahui apa saja isi dalam kop surat.

Secara umum isi kop surat terdiri dari, logo, nama, alamat dan kode pos, nomor telepon/faksimilie, email, website, slogan atau tagline, nomor lisensi profesional dari lembaga/perusahaan/organisasi terkait.

(BACA JUGA:Contoh Kata Sapaan dalam Bahasa Indonesia, Lengkap dengan Pengertian dan Jenisnya)

Akan tetapi, isi kop surat juga terdapat variasi sesuai dengan individu, lembaga, organisasi, atau perusahaan yang diwakili.

Adapun berikut cara membuat kop surat di Microsoft Word yang mudah dan cepat.

1. Buka Microsoft Word.

2. Klik menu Insert ketika Microsoft Word sudah terbuka.

3. Pilih fitur Header & Footer dan klik Header.

(BACA JUGA:Daftar Nama-nama Suku di Indonesia serta Asal Daerahnya)

4. Pilih jenis header yang sesuai atau yang diinginkan. Lembar kerja akan secara otomatis mengarah pada bagian atas dokumen.

5. Selanjutnya, dalam mengisi kop surat seperti memasukkan nama, alamat, dan kontak dari perusahaan/instansi dapat dilakukan dengan menggunakan menu ‘Home’.

6. Lihat pada menu Paragraph, pilih jenis paragraph rata tengah (center). Baris pertama isikan nama perusahan dan dilanjutkan dengan alamat, kontak, dan informasi tambahan lain pada baris selanjutnya.

7. Setiap komponen isi surat dapat disusuaikan ukuran tulisannya (Font), seperti nama perusahan yang dapat dibuat dengan font yang lebih besar dan tebal. Sedangkan komponen lainnya dibuat dengan font yang lebih kecil dan tanpa dipertebal.

(BACA JUGA:Wajib Tahu! Inilah Nama-nama Bulan dalam Bahasa Inggris, Lengkap dengan Asal-usulnya)

8. Sesuaikan letak teks dengan ruler yang sudah ada.

9. Kemudian memasukkan logo perusahaan/instansi. Pastikan Anda sudah menyiapkan logo perusahaan/instansi yang diperlukan dengan kualitas baik dan tidak pecah. Logo perusahaan/instansi biasanya diletakkan di bagian kiri kop surat.

10. Dalam memasukkan logo, klik menu ‘Insert’ dan pilih fitur ‘Illustrations’ selanjutnya pilih opsi ‘Picture’.

11. Pilih folder tempat menyimpan logo dan klik Insert.

12. Logo yang dipilih akan otomatis muncul dan terletak di bagian tengah. Untuk mengubahnya, klik logo dan pilih menu format.

(BACA JUGA:10 Kampus Terbaik di Jakarta, Calon Mahasiswa Baru Wajib Tahu !)

13. Selanjutnya, pada pilihan Arrange, klik Wrap Text dan pilih opsi Through. Memlalui pengaturan ini, Anda dapat mengatur tata telak logo seperti yang diinginkan.

14. Sementara untuk membuat garis, Anda dapat memberikan spasi atau klik enter pada teks isi kop surat.

15. Lalu, pada menu ‘Home’ klik opsi Borders, dan pilih Borders and Shading. Aturlah garis dengan menyesuaikan ukuran dan ketebalan sesuai dengan kebutuhan.

16. Sesudah itu, Anda dapat menutup header. Cara menutup header, Anda dapat mengklik dua kali area tengah dokumen yang bukan bagian dari Header dan Footer. Atau, masuk ke menu ‘Design’ pilih Close Header&Footer.

Dengan menutup Header&Footer kop surat yang Anda buat telah selesai. Semoga cara membuat kop surat dengan Microsoft Word kali ini dapat membantu Anda.

(IM)

`
Kategori : Lifestyle