Jumlah Pemain Bola Basket dalam Satu Tim Lengkap dengan Posisi dan Penjelasannya


Ilustrasi Jumlah Pemain Bola Basket-KeithJJ-Pixabay

INFO MOJOKERTO - Bola Basket merupakan salah satu Olahraga yang cukup populer. Berikut jumlah pemain Bola Basket dalam satu tim lengkap dengan posisi dan penjelasannya.

Bola basket termasuk dalam olahraga jenis bola besar yang dimainkan secara berkelompok. Terdapat dua tim atau kelompok yang akan bertanding dalam permainan bola basket.

Di mana setiap tim harus mencetak nilai atau poin sebanyak-banyak dari hasil memasukkan bola ke dalam keranjang (ring).

(BACA JUGA:Jadwal Acara TV TRANS 7 Hari Rabu 6 Juli 2022, Saksikan Warkop Spesial, On The Spot, dan Misteri Malam)

Dalam sebuah tim pastinya memiliki posisi dan peran masing-masing untuk memperkuat kelompok. Begitu pula dengan bola basket juga terdiri dari beberapa anggota yang memiliki posisi dan peran yang berbeda dalam satu tim.

Sebagai induk organisasi internasional bola basket, Fiba menetapkan Jumlah Pemain Bola Basket dalam satu tim berisi 5 anggota untuk pertandingan resmi. Sehingga, dalam satu lapangan akan terdapat 10 orang pemain bola basket dari dua tim yang bertanding.

Sementara untuk jumlah pemain bola basket yang berada di luar lapangan atau sebagai pemain cadangan umumnya terdiri dari 5-10 orang per tim.

(BACA JUGA:Tahukah Anda Pancasila Berasal dari Bahasa Sansekerta? Begini Penjelasan dan Sejarahnya)

Akan tetapi, jumlah pemain bola basket yang menempati posisi bangku cadangan dapat menyesuaikan dengan pertandingan yang hendak diikuti.

Adapun inilah penjelasan mengenai jumlah pemain bola basket dalam satu tim beserta posisi dan perannya.

Dalam satu tim jumlah pemain bola basket terdiri dari 5 orang pemain yang memiliki posisi dan tugas sendiri-sendiri, sebagai berikut.

Center

Posisi Center memiliki peran sebagai seorang defender yang bertugas untuk berada di bawah ring tim sendiri dan tim lawan dalam kondisi menyerang.

(BACA JUGA:Kosa Kata Bahasa Inggris yang Paling Sering Digunakan Lengkap dengan Artinya)

Center ini melindungi pertahanan di bawah ring dari serangan jarak pendek. Selain itu, seorang Center juga bertugas untuk membendung tembakan lawan dan menyusup pertahanan lawan.

Biasanya, yang mengisi posisi Center ini merupakan pemain yang memiliki postur tubuh tertinggi atau terbesar di dalam timnya.

Dengan memanfaatkan postur tubuhnya, Center dapat memiliki kemampuan untuk menghalangi lawan untuk mencetak point dan menangkap bola yang tidak masuk ke dalam ring atau dalam istilahnya melakukan rebound.

Sementara untuk keterampilan yang perlu dimiliki oleh seorang Center ialah tubuh dan kekuatan yang besar, mampu melakukan rebound, block drive dan shoot, serta masuk ke dalam pertahanan.

(BACA JUGA:Wajib Dikuasai! Inilah Kumpulan Kata Benda Bahasa Inggris Lengkap dengan Artinya)

Pada awal pertandingan biasanya dalam melakukan perebutan bola atau jump ball merupakan salah satu tugas dari Center.

Point Guard

Posisi Pemain Bola Basket selanjutnya adalah Point Guard yang biasanya diisi oleh pemain yang memiliki postur tubuh terpendek dalam tim.

Point Guard ini memiliki tugas utama, yakni mengatur serangan tim dengan mengontrol bola dan memberikan umpan kepada pemain lain pada saat yang tepat untuk mencetak point.

Point Guard juga bertugas untuk mencuri bola dari lawan (steal). Selain itu, Point Guard memiliki tugas untuk memimpin tim dalam bertahan dan untuk menyerang.

(BACA JUGA:Nama-nama Hari dalam Bahasa Inggris beserta Contoh Kalimatnya)

Biasanya, pemain yang mengisi posisi Point Guard adalah orang yang memiliki kemampuan menggiring bola atau dribel dan mengumpan yang baik.

Sehingga, untuk dapat mengisi posisi ini pemain perlu kemampuan IQ, komunikasi, dribel, passing, shooting, ball control, dan ball handling yang baik.

Shooting Guard

Posisi Shooting Guard ini memerlukan kemampuan untuk menembak (shooting) dari jarak jauh atau biasanya dikenal dengan tembakan 3 poin.

Di mana pemain akan melakukan tembakan jarak jauh dari luar setengah lingkaran area bertahan tim lawan.

(BACA JUGA:4 Contoh Surat Lamaran CPNS Terbaru, Simak Format Lengkapnya di Sini!)

Selain melakukan tembakan, pemain ini harus mampu untuk menyusup di segala posisi, berlari dengan cepat agar bisa menyusup dan melakukan tembakan bola ke ring lawan.

Biasanya pengisi posisi Shooting Guard ini merupakan seorang yang memiliki postur lebih tinggi dibanding Point Guard.

Hal tersebut dikarenakan Shooting Guard bertugas untuk membantu atau menggantikan posisi Point Guard saat tim melakukan serangan.

Small Forward

(BACA JUGA:5 Contoh Deskripsi Diri yang Singkat dan Profesional, Buat CV Semakin Menarik)

Small Forwad atau disebut juga versatile player. Di mana posisi Small Forward ini diberikan kepada pemain yang memiliki kemampuan satu lawan satu dengan pemain lawan.

Posisi ini memerlukan skill serbabisa mulai dari menembak dekat, sedang, hingga jarak jauh, serta dapat melakukan penetrasi ke arah lawan.

Selain itu, pemain juga harus memiliki kelincahan, kecepatan, dan keseimbangan yang baik untuk menjaga permainan dari berbagai posisi.

Small Forwad ini juga bertugas untuk membantu dan mengambil posisi Point Guard yang berada dalam tekanan lawan.

(BACA JUGA:Pelajar Wajib Tahu! 7 Nama-nama Sudut dalam Pelajaran Matematika )

Sementara untuk pertahanan tim, Small Forward harus mampu mengeluarkan lawan ke luar zona pertahanan serta wajib dapat melakukan rebound.

Power Forward

Posisi Power Forward ini tidak jauh berbeda dengan Center namun mengemban tugas yang berbeda.

Seperti posisi Center, Power Forward ini biasanya juga diisi oleh pemain dengan postur tinggi dan fisik yang kuat.

Tugas dari posisi ini adalah mengambil bola liar dari tembakan lawan, dan juga melakukan rebound dari genggaman lawan.

(BACA JUGA:Contoh Kata Sapaan dalam Bahasa Indonesia, Lengkap dengan Pengertian dan Jenisnya)

Selain itu, Power Forward juga bertugas untuk menghentikan pergerakan lawan dengan memblokir jalur lawan yang hendak masuk ke area ring.

Demikian penjelasan mengenai jumlah pemain bola basket dalam satu tim beserta dengan posisi dan penjelasannya. (IM)

`
Kategori : Nasional