Berapa Jumlah Rusuk Kubus? Ini Jawabannya beserta Jumlah Unsur Geometri Kubus Lainnya


Kubus -Pixabay/Clker-Free-Vector-Images-

INFO MOJOKERTO Matematika merupakan salah satu Mata Pelajaran wajib di sekolah. Matematika memiliki berbagai macam pembahasan, termasuk membahas Kubus. Dalam materi Kubus salah satu hal utama yang harus diketahui adalah jumlah Rusuk Kubus.

Kubus juga ditemukan dalam kehidupan sehari-hari, seperti kotak pelembab, kotak jam tangan, dadu, tas, dan benda berbentuk kubus lainnya.

Kubus mempunyai unsur geometri, antara lain Sisi, rusuk, Titik sudut, Diagonal Sisi, Diagonal ruang, dan Diagonal bidang. Simak penjelasan lengkapnya berikut ini.

1. Sisi Kubus

Sisi adalah bidang dua dimensi pada bangun ruang sehingga dapat terlihat bahwa kubus memiliki sisi sejumlah enam sisi yang berbentuk persegi.

(BACA JUGA:Pelajar Wajib Tahu! 7 Nama-nama Sudut dalam Pelajaran Matematika )

2. Rusuk Kubus

Rusuk kubus merupakan garis lurus yang berpotongan dengan dua sisi kubus. Kubus memiliki jumlah rusuk kubus sebanyak 12 rusuk dengan ukuran panjang yang sama. Bentuk rusuk kubus seperti kerangka kubus.

3. Titik Sudut Kubus

Titik sudut kubus adalah titik yang berpotongan diantara tiga rusuk sudut. Jumlah titik sudut kubus terdapat delapan titik sudut yang memiliki ukuran sudut sebesar 90 derajat dengan bentuk sudut siku-siku.

4. Diagonal Sisi Kubus

Diagonal sisi kubus atau diagonal bidang merupakan garis lurus yang membagi dua sisi kubus secara diagonal. Karena garis lurus tersebut sisi kubus akan membentuk segitiga sama kaki.

Jumlah diagonal sisi kubus terdapat 12 diagonal sisi dengan ukuran panjang yang sama.

(BACA JUGA:Wajib Dikuasai! Inilah Kumpulan Kata Benda Bahasa Inggris Lengkap dengan Artinya)

5. Diagonal Ruang Kubus

Diagonal ruang kubus merupakan dua garis berhubungan yang terdiri dari dua titik sudut yang berhadapan dan bukan di sisi yang sama atau dapat dikatakan garis tersebut menyebrang antar ruang tiga dimensi kubus.

Jumlah diagonal ruang kubus sebanyak 4 diagonal ruang.

6. Bidang Diagonal Kubus

Bidang diagonal kubus merupakan bidang yang berbentuk persegi atau segiempat di dalam ruang kubus.

(BACA JUGA:Inilah Daftar Mobil di Bawah 1.500 CC yang Masih Diperbolehkan Isi Pertalite, Mobil Anda Termasuk?)

Jumlah bidang diagonal adalah enam bidang diagonal dengan ukuran yang sama besar.

(IM)

`
Kategori : Nasional