2 Bacaan Doa Masuk Pasar Lengkap dengan Arab, Latin, hingga Artinya


Ilustrasi Orang Berdoa-rodnae productions-Pexels.com

INFO MOJOKERTO Pasar merupakan salah satu Tempat perbelanjaan yang selalu ramai pembeli. Ternyata ada Doa untuk memasuki Pasar dan melakukan transaksi jual beli. Berikut ini Doa masuk Pasar yang wajib Anda ketahui dan baca saat memasuki Pasar.

Pasar adalah tempat yang dibenci oleh Allah sehingga sangat dianjurkan membaca doa masuk pasar agar senantiasa dilindungi oleh Allah. 

Berdasarkan Hadist riwayat Muslim, Ahmad, dan Hakim, Allah sangat menyukai Masjid karena Masjid merupakan tempat beribadah dan berdzikir kepada Allah. 

(BACA JUGA:Anti Gagal! Resep Rendang Enak dan Mudah Dibuat yang Bikin Ketagihan)

Sedangkan, tempat yang tidak Allah sukai adalah pasar karena dalam pasar sebagian orang menipu, berbuat curang, berbohong, mengurangi timbangan, dan lainnya. 

أَحَبُّ الْبِلَادِ إِلَى اللهِ مَسَاجِدُهَا، وَأَبْغَضُ الْبِلَادِ إِلَى اللهِ أَسْوَاقُهَا

"Tempat yang paling disukai Allah adalah masjid-masjidnya, sedangkan tempat yang paling dibenci Allah adalah pasar-pasarnya." (HR. Muslim, Ahmad, dan Hakim).

Dalam hadist Thabrani, Nabi Muhammad SAW bersabda:

"Sesungguhnya pasar adalah medan pertempuran setan, atau tempat kediaman setan dan di sanalah setan memasang benderanya."

(BACA JUGA:Update! Jumlah Penduduk Indonesia Naik 2 Juta Jiwa, Simak Penjelasannya di Sini!)

Hadist lainnya, Rasulullah bersabda:

لَا تَكُونَنَّ إِنْ اسْتَطَعْتَ أَوَّلَ مَنْ يَدْخُلُ السُّوقَ وَلَا آخِرَ مَنْ يَخْرُجُ مِنْهَا فَإِنَّهَا مَعْرَكَةُ الشَّيْطَانِ وَبِهَا يَنْصِبُ رَايَتَهُ

"Jika engkau bisa, janganlah menjadi orang yang pertama masuk pasar dan terakhir keluar darinya. Karena pasar merupakan medan pertempuran setan dan di sanalah ia menancapkan benderanya." (HR. Muslim).

Doa Masuk Pasar

لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللهُ وَحْدَهُ لاَ شَرِيْكَ لَهُ، لَهُ المُلْكُ وَلَهُ الْحَمْدُ يُحْيِيْ وَيُمِيْتُ وَهُوَ حَيٌّ لاَ يَمُوْتُ، بِيَدِهِ الْخَيْرُ، وَهُوَ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيْرٌ

Laa Ilaaha Illallaahu wahdahu Laa Syariikalahu, Lahul Mulku Walahul Hamdu, Yuhyii, Wayumiitu, Wahuwa Hayyun Laa Yamuutu, Biyadihil Khairu, Wahuwa 'alaa Kulli Syai-in Qadiir

(BACA JUGA:Unsur Geometri Kubus Lengkap dengan Jumlah Rusuk Kubus hingga Bidang Diagonal Kubus)

Artinya: “Tiada Tuhan selain Allah, Yang Mahaesa, tiada sekutu bagiNya. BagiNya kerajaan, bagiNya pujian. Dialah Yang Hidup, tidak akan mati. Di tanganNya kebaikan, Dialah Yang Mahakuasa atas segala sesuatu."

Dalam hadist riwayat At-Tirmidzi, Ibnu Majah, dan Al-Hakim menjelaskan bila membaca doa masuk pasar tersebut, niscaya Allah menuliskan sejuta kebaikan dan menghapuskan sejuta keburukan serta mengkatkan derajatnya hingga sejuta derajat. 

Kemudian, dalam hadist riwayat Ahmad ditambahkan bahwa Allah akan membangunkan rumah surga bagi yang membaca doa masuk pasar tersebut.

مَنْ دَخَلَ السُّوقَ فَقَالَ لَا إِلَهَ إِلَّا اللَّهُ وَحْدَهُ لَا شَرِيكَ لَهُ لَهُ الْمُلْكُ وَلَهُ الْحَمْدُ يُحْيِي وَيُمِيتُ وَهُوَ حَيٌّ لَا يَمُوتُ بِيَدِهِ الْخَيْرُ وَهُوَ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيرٌ كَتَبَ اللَّهُ لَهُ أَلْفَ أَلْفِ حَسَنَةٍ وَمَحَا عَنْهُ أَلْفَ أَلْفِ سَيِّئَةٍ وَرَفَعَ لَهُ أَلْفَ أَلْفِ دَرَجَةٍ

(BACA JUGA:Wajib Dikuasai! Inilah Kumpulan Kata Benda Bahasa Inggris Lengkap dengan Artinya)

"Barangsiapa masuk pasar lalu ia mengucapkan, ‘Tiada Tuhan selain Allah, Yang Mahaesa, tiada sekutu bagiNya. BagiNya kerajaan, bagiNya pujian. Dialah Yang Hidup, tidak akan mati. Di tanganNya kebaikan, Dialah Yang Mahakuasa atas segala sesuatu,’ niscaya Allah menuliskan baginya sejuta kebaikan dan menghapuskan darinya sejuta kejelekan serta mengangkat derajatnya hingga sejuta derajat." (HR. At-Tirmidzi no. 3350, Ibnu Majah no. 2226, Al-Hakim no. 1930). 

Dalam riwayat Ahmad terdapat tambahan, "Dan Allah membangunkan baginya rumah di surga."

Doa Masuk Pasar Kedua

Bismillah allahumma innii as aluka khoiro haazihissuuqi wakhoiromaa fiihaa wa auudzubika ming-syarri hazihissuuqi wa ming syarri maa fiihaallahumma innii a'uuzu bika an ushiiba fiihaa yamiinan fajirotan au shofaghotan haasiroh.

(BACA JUGA:4 Contoh Surat Lamaran CPNS Terbaru, Simak Format Lengkapnya di Sini!)

Artinya : Dengan nama Allah ya Allah aku memohon pada-Mu kebaikan pasar ini dan kebaikan yang ada di dalamnya. Aku berlindung kepada-Mu dari keburukan pasar ini dan dari keburukan yang ada di dalamnya. Dan aku berlindung pada-Mu dari sumpah palsu dan dari suatu pembelian atau penjualan yang merugikan. (HR. Hakim).

(IM)

`
Kategori : Oase